Biografi Imam Adz-Dzahabi Asy-Syafi’i

الحمد لله رب العالمين. وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين، أَمَّا بَعْدُ:
Beliau rahimahullah adalah al-Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz bin Abdullah adz-Dzahabi al-Fariqi.
Beliau dilahirkan pada tahun 761 H di Mayyafariqin Diyar Bakr.
Beliau rahimahullah dikenal dengan hafalannya, kecerdasannya, kewara’annya, kezuhudannya, kelurusan aqidahnya dan kefasihan lisannya.
Beliau  menuntut  ilmu  sejak usia dini dan ketika berusia 18 tahun beliau menekankan perhatian pada dua bidang ilmu: Ilmu-ilmu al-Qur’an dan Hadits Nabawi. Beliau menempuh perjalanan yang jauh dalam mencari ilmu ke Syam, Mesir, dan Hijaz (Makkah dan Madinah). Beliau mengambil ilmu dari para ulama di negeri-negeri tersebut. Al-Imam adz-Dzahabi memiliki Mu’jam Syuyukh (Daftar Guru-guru) beliau yang jumlahnya mencapai 3000 orang.
Di antara murid beliau adalah: Tajuddin as-Subki, Muhammad bin Ali al-Husaini, al-Hafizh Ibnu Katsir, al-Hafizh Ibnu Rajab, dan masih banyak lagi selain mereka.
Al-Imam al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Beliau adalah Syaikh al-Hafizh al-Kabir, Pakar Tarikh Islam, Syaikhul Muhadditsin … beliau adalah penutup syuyukh hadits dan huffazh-nya!’
Tajuddin as-Subki rahimahullah berkata: “Beliau adalah Syaikh Jarh wa Ta’dil, pakar Rijal, seakan-akan umat ini dikumpulkan di satu tempat kemudian beliau melihat dan mengungkapkan sejarah mereka.”
Al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata: “Tidak sedikit orang yang memusatkan perhatiannya pada ilmu kalam melainkan ijtihadnya akan membawanya kepada perkataan yang menyelisihi Sunnah. Karena itulah ulama salaf mencela setiap yang belajar ilmu-ilmu para umat sebelum Islam. Ilmu kalam turunan dari ilmu para filosof atheis. Barangsiapa yang sengaja ingin menggabungkan ilmu para nabi dengan ilmu para ahli fisafat dengan mengandalkan kecerdasannya maka pasti dia akan menyelisihi para nabi dan para ahli filsafat. Dan barangsiapa yang berjalan di belakang apa yang dibawa oleh para rasul … maka sungguh dia telah menempuh jalan salaf dan menyelamatkan agama dan keyakinannya.” (Mizanul I’tidal 3/144)
Beliau berkata: “Yang dibutuhkan oleh seorang hafizh adalah hendaknya bertaqwa, cerdas, mahir nahwu, mahir ilmu bahasa, memiliki rasa malu, dan salafi.” (Siyar A’lamin Nubala 13/380).
Beliau memiliki sekitar 100 tulisan, beliau rahimahullah wafat pada malam Senin 3 Dzulqa’dah 748 H di Dimasyq Syam dan dimakamkan di pekuburan Bab Shaghir.
Silahkan baca eBooknya untuk tambahan faedah yang banyak, semoga Alloh meridhai beliau rahimahullah dan menempatkan beliau dalam keluasan jannah-Nya, amin…

Sumber : ibnumajjah.wordpress.com
Download :

Download CHMatau Download ZIP atau Download PDF atau Download Word

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ka’ab bin ‘Ujrah al-Anshari